Saturday, May 23, 2009

Cara Menghias Toples kue

Sebenarnya ini hobi sudah lama saya tinggalkan, ini cara awal kali saya belajar menghias toples hingga mahir berkreasi dan sekarang jadi barang dagangan saya juga tapi sekali lagi ini cara kuno, cara praktisnya anda bisa beli sarungnya saja disini (hehehe...) karena permintaan mbak mia (salam kenal juga mbak ^^) pengunjung blog saya yang minta agar diajari cara menghiasnya karna ibunya punya toples serupa di rumah, dan saya pantang menolak permintaan jika saya bisa membantu meski saya tidak membuka kursus menghias stoples. Alhamdulillah, kebetulan tetangga kontrakan saya di surabaya mau merelakan toplesnya saya hias. akhirnya tanpa babibu lagi saya keluarkan perangkat kuno saya dari gudang masih ada sisa busa lapis, bahan lain tidak bersisa kecuali alat lem tembak yang ga ada isinya pula hehehe...
oke, tanpa banyak kata kita mulai latihannya (duh, jadi ingat ketika saya mengajari ibu-ibu PKK keputih plengsengan menghias toples 3 tahun lalu hihihi...)
kali ini saya pilih model yang sederhana diman
a badan toples tidak saya hias

1. Sediakan bahan dan peralatannya

toples, busa lapis, lem tembak, renda kerut, kain percah, kain asahi

2. isi lem tembak yang tersedia dalam berbagai ukuran pilih yang berwarna putih agar takberubah warna ketika dilelehkan3. lapisi tutup toples dengan busa lapis agar ketika dilapisi kain asahi takmeninggalkan bekas lem-leman


4. tutup lapisan bisa lapis dengan kain asahi dan rekatkan kain di pinggir-pinggir tutup toples. (pasang bunganya baiknya belakangan aja ya, karena saat itu saya sedang tidak sabar untuk bereksperimen mengkre
asikan bunganya hehehe...)
5. Gunting panjang kain percah (kain satin yang saya pake ini) kemudian jahit tepiannya agar rapi (disini saya merapikannya pake api karena sedang tidak ada mesin jahit hihihi...). setelah tepian kain rapi jahit berkerut-kerut (saya menjahi pake tangan karena sedang ga ada mesin jahit lagi wakakakak...) kemudian tempelkan di pinggiran tutup toples


6. tempelkan pula renda kerutnya diatas kain satin kerut

(cameranya lupa belum disetting modus malam, lampu suram jadinya gini deh... kek tangan gerandong hehehe...)

7. rapikan tempelan pinggir renda kerut dengan pita hias dan..Selesaiiiiii!!!! mudah kan? (bu sisca soewitomo mode on)

Selamat Mencoba, warna kain bisa diseragamkan dengan dengan tema ruangannya kok. model toplesnya juga bisa macam-macam tergantung kreatifitas anda, jika ada kesulitan boleh tanya via YM atau blog

dipersembahkan oleh AULIYA galeri

----dedicated to mbak mia, semoga bermanfaat ^^---